Apa yang harus dipersiapkan sebelum berlibur ke Nepal?

  • Indonesian Blog Writer
  • 424

Table of Contents

Akhir - akhir ini Nepal menjadi salah satu negara yang mulai digemari untuk dikunjungi para pelancong terutama dari Indonesia. Negara yang berada di Asia Selatan ini memang mempunyai keindahan alam yang sudah tidak diragukan lagi selain pemandangan himalaya yang memukau, kota - kota di negara ini juga eksostis loh dikarenakan banyak peninggalan warisan budaya dunia dan juga budaya nya yang sangat kental.

Selain itu negara ini mulai digemari karena tidak perlu mengocek isi kantong berlebihan alias berlibur ke negara ini murah dari makanan , akomodasi, transportasi sampai paket tur.
Jadi negara ini cocok buat traveller budget dan bagi pemula yang ingin ke Nepal.

Team trekkers home ingin membantu ini apa saja yang harus di siapkan sebelum berkunjung ke Nepal.

1. Tiket pesawat dan Visa

Pertama yang harus kamu siapkan itu adalah tiket pesawat , harga tiket ke Nepal hanya berkisar 4 jutaan dari Jakarta ( lebih murah dari penerbangan domestik di indonesia ) .
Setelah itu yang perlu kamu siapkan adalah visa tapi gak usah khawatir visa nya pasti tembus kok karena bisa visa on arrival untuk WNI, Jika sudah sampai di bandara KTM maka ada beberapa mesin untuk memasukkan data diri dan ambil secarik kertas yang sudah ada data diri kamu terus ke loket untuk menebus visa mu biaya nya hanya USD 25 per 15 hari.

2.  Mata Uang

Mata uang di Nepal adalah Nepalese ruppee, seperti ke negara negara lain nya pastikan menukarkan mata uang negara ini sebelum berangkat. Akan tetapi akan sangat susah untuk mencari mata uang nepalese rupee ini di Indonesia, maka yang bisa kamu lakukan adalah menukarkan ke USD dan bisa kamu tukarkan di money changer setelah kamu sampai ke negara ini.
Money changer ada terdapat dimana- mana bahkan biasanya di Hotel atau tempat penginapan ada melakukan money changer tersebut.

3. Budget

Nah ini nih yang paling penting kalau mau belibur adalah BUDGET. Berapa sih yang mesti disisihkan ? Cukup gak ya dengan biaya sekian? hal ini menjadi momok bagi yang hobi travelling tapi mempunyai budget rendah. Tapi tenang saja Nepal merupakan salah satu negara termurah kok, untuk makanan lokal disana murah hanya berkisar antara Rp 35.000 - Rp  70.000 ( sudah sampe restoran mahal ya ) sudah include hidangan utama , cemilan dan minuman dan laginya untuk porsi berdua. Untuk transportasi bisa menggunakan bus lokal dan taxi , harga bisa ditawar ( seperti nawar ikan di pasar).
Untuk tempat tempat wisata berkisaran dari Rs300-Rs1000. Sebelum berangkat perbanyak deh googling .

4. Hotel dan Transportasi

Sangat banyak Hotel dan Guest house budget di Nepal, untuk di Kathmandu bisa ke Thamel ( kawasan turis) sangat banyak hotel dan guest house disana dengan harga yang sangat terjangkau termasuk Trekkers Home yang harganya berkisar dari Rp 300.000 / malam.
Transportasi dari bandara biasa nya menggunakan taxi dan berkisaran Rs 700 - Rs 1000 untuk ke daerah Thamel ( kawasan turis). Dan untuk antar mengelilingi kota nya bisa menggunakan bus dan taxi, saya lebih rekomendasi taxi karena untuk bus transportasi umum belum terlalu bagus dan memakan waktu jika memakai bus.
Atau bisa juga memesan taxi dari penginapan kamu , kebanyakan mereka ada jasa sewa taxi untuk city tour.

5. Makanan

Makanan khas nepal itu kuat sekali dengan rempah, ya mereka memang menggunakan bumbu rempah untuk setiap masakan mereka . Ada 3 makanan yang harus kamu coba jika sudah ke Nepal.

Dhal bhat : Menu makanan lengkap yang disajikan di piring besar yang isinya nasu bersama sayuran, daging ayam /  daging kerbau dan juga sup yang disebut Dhal.  Dhal batbhat bisa disajikan dengan menu vegetarian juga.

Momo : Dimsum yang isinya ayam/ daging kerbau dan sayuran, disajikan dengan bumbu merah yang pedas , ada pilihan untuk steam atau fried

Lassi : Nah ini favorite banget, lassi ini adalah yogurt nya orang Nepal disajikan bisa tawar , manis atau dicampur dengan buah - buah dan harganya sangat terjangkau ( jangan lupa dikonsumsi saat dingin ya)

6. Pakaian dan Busana

Hampir semua warga lokal memakai pakaian tradisional mereka, untuk perempuan mereka memakai sari khas nepal yang tertutup baik baju maupun celana jadi sangat disarankan untuk memakai pakaian kasual yang sopan untuk menghormati warga lokal juga.
Selain itu jika datang pada musim dingin di Nepal sangat diharuskan untuk membawa jaket tebal karena suhu bisa mencapai 8 - 9 derajat pada malam hari dan 15-17 derajat pada siang hari

Nah ini nih beberapa point yang harus kamu persiapkan dari rumah jika kamu ingin berlibur ke Nepal dan perbanyak mencari informasi dari internet.

Selain penginapan Trekkers home juga ada jasa service lainnya berupa berupa City tur , trekking package , sewa taxi ,dan money changer ( dengan rate yang cukup murah).
Semoga blog ini bermanfaat ya.. sampai jumpa diblog berikut nya.

Send an Enquiry - Blog